Komputer juga harus diperlakukan seperti badan. Meski tak mungkin memberinya vitamin, kontrol kondisi tubuh setiap waktu sifatnya wajib dilakukan. Misalnya begini, semakin banyak aktifitas dokumen atau data yang dilakukan, semakin banyak pula file pendukung dokumen yang terpasang (yang akhirnya tidak terpakai) dan menumpuk dalam sistem. Jika sudah begitu komputer/PC sobat kinerjanya berat/lelet, oleh karena itu sobat harus menjaga bagaimana PC sobat bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Ya tanpa basa-basi lagi kita langsung saja ke Tips Agar PC Tetap Sehat.



  • Mengontrol PC    
    Mengontrol disini berarti memantau kinerja setiap komponen, baik file sistem ataupun hardware. Salah satunya adalah seperti mengontrol konsumsi daya listrik di PC, dengan perkakas Power Options
    bawaan Windows yang tersedia di Control Panel. Banyak pula aplikasi pihak ketiga (Third-Party)yang bisa dipakai untuk memantau aneka komponen dalam sistem, mulai dari harddisk sampai memori.
  • Merapikan Sistem
    Tahapan merapikan sistem adalah menata file, baik aneka data hasil olahan maupun aneka file dalam sistem. Bayangakan jika rak buku tertata rapi. Sobat akan mudah mencari buku-buku yang hendak sobat baca. Seperti itu jugalah yang kita rasakan jika file tertata secara teratur. Akibatnya, sistem operasi pun akan mudah mengakses rangkaian file yang dibutuhkan dan aktivitas komputer dan aplikasi berjalan dengan lancar. Menata file bisa sobat lakukan, misalnya dengan melakukan defragmenting file dengan perkakas bawaan Windows. selain itu, file pendukung sistem seperti registry juga perlu ditata. Tidaklah susah melakukan hal ini, karena banyak aplikasi untuk melakukan proses ini.
  • Membersihkan Isi Sistem Operasi
    Memebersihkan isi sistem operasi file juga menjadi hal yang penting. Bayangkan jika saluran air di rumah terhambat sampah. Begitulah jadinya jika file sampah berserakan di sistem. Sistem bisa dibilang "bingung" ketika harus mendata dan mengakses file penting. Karena itu, kita bisa mamanfaatkan perkakas DiskCleanup atau aplikasi tambahan sejenis untuk melakukan pembersihan. Tidak hanya  temporary file yang perlu dibuang, registry-registry sampah juga mesti dienyahkan. Yang tidak penting adalah tindakan menghalau pengganggu, baik itu virus, spyware, dan spam. Mengaktifkan Windows Firewall, penghalau penyusup bawaan Windows memang hal vital, tapi menjalankan aplikasi antivirus dan antispyware juga penting. Microsoft sendiri menyertakan antispyware dari website resminya. Pilihan thirdparty software
    pun banyak dan bisa sobat pilih dengan bebas.

Ada baiknya proses-proses perawatan tersebut sobat lakukan secara rutin. Mninmal sobat lakukan setiap dua minggu sekali. Sekian tips Tips Agar PC Tetap Sehat. Semoga bermanfaat bagi sobat semua.